Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial

bmm fkgunairIlmu Bedah Mulut dan Maksilofasial merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran gigi yang khas karena meliputi penatalaksanaan berbagai jenis penyakit dan kelainan rongga mulut yang memerlukan pendekatan secara bedah sehingga menuntut penguasaan ilmu kedokteran secara holistik dan terintegrasi. Semua tugas ini diampu oleh tenaga-tenaga ahli dalam bidang Bedah Mulut dan Maksilofasial berdasarkan rasa tanggung jawab yang tinggi yang senantiasa  mengutamakan keselamatan penderita serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Pengajaran di bidang Bedah Mulut dan Maksilofasial pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga diarahkan untuk memberikan dasar keilmuan yang kuat untuk mendukung pencapaian kompetensi di bidang Bedah Mulut dan Maksilofasial pada tahap pendidikan profesi. Mata ajar yang diberikan meliputi topik anestesi lokal, eksodonsi, infeksi odontogen, bedah dentoalveolar, trauma dentoalveolar, kista dan tumor rongga mulut.

Penelitian di bidang Bedah Mulut dan Maksilofasial dititikberatkan pada penelitian dasar tentang intervensi penyembuhan luka dengan bahan alami/herbal dan penelitian klinis yang ditujukan pada pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan di bidang Bedah Mulut dan Maksilofasial.

Pengajaran tingkat profesi di bidang Bedah Mulut dan Maksilofasial bermuara pada pencapaian kompetensi di bidang pembuatan diagnosis dan rencana perawatan berbagai macam penyakit dan kelainan di rongga mulut, eksodonsi dengan metode tertutup dan terbuka, dan perawatan kasus infeksi odontogen, trauma dentoalveolar dan pasca pembedahan. Aspek afektif merupakan salah satu komponen yang ditanamkan dari waktu ke waktu kepada mahasiswa profesi Bedah Mulut dan Maksilofasial dalam upaya membentuk karakter lulusan yang profesional dan menjunjung tinggi etika.

Hits 2339