Cerita Leidy Rumbiak, Mahasiswa FKG yang Mewakili Papua Barat dalam Ajang Puteri Indonesia

Menjadi seorang Puteri Indonesia merupakan impian sejak kecil seorang Leidy Herlin Rumbiak, calon dokter gigi muda Universitas Airlangga (UNAIR). Leidy, sapaan akrabnya, adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNAIR tahun angkatan 2015. Betapa bahagianya Leidy karena salah satu mimpinya itu berjalan jadi nyata.

Awalnya, ia mengetahui bahwa ada pemilihan finalis Puteri Indonesia 2017 di tiap-tiap provinsi. Karena rasa cinta Leidy terhadap kota kelahirannya, ia ingin mewakili daerahnya untuk bisa maju mewakili Papua Barat dalam ajang pemilihan Puteri Indonesia 2017.

Namun Leidy sempat khawatir. Sebab tak terbayang betapa berat perjuangannya bila ia harus pulang ke tanah kelahirannya hanya untuk mendaftarkan diri. Jarak tempuh Surabaya ke Papua dan sebaliknya, menjadi tantangan bagi dirinya. Terlebih, Leidy adalah seorang mahasiswa yang tak mungkin meninggalkan aktivitas perkuliahannya untuk waktu yang lumayan lama.

Namun, nampaknya angin segar menghampiri gadis berusia 19 tahun ini. Yayasan Puteri Indonesia membuka audisi di Jakarta untuk mewakili beberapa provinsi. Salah satunya adalah provinsi Papua Barat.

“Awalnya saya tahunya harus daftar di provinsi masing-masing. Namun waktu saya lihat di akun Instagram bahwa di Jakarta juga di buka pendaftaran,” ungkap gadis kelahiran Jayapura ini.

Akhirnya, ia mulai memantapkan hatinya untuk menjadi perwakilan Papua Barat dalam ajang Puteri Indonesia 2017. Leidy segera mengunduh formulir dan melengkapi seluruh berkas yang menjadi syarat pendaftaran.

Pada tanggal 3 Februari lalu, Leidy melakukan seleksi wawancara melalui media sosial. Tiga hari kemudian, Senin (6/2), Leidy mengikuti audisi di Jakarta. Malam harinya, panitia mengumumkan bahwa dirinya lolos menjadi Puteri Indonesia Papua Barat 2017.

“Senang rasanya perjuangan saya tidak sia-sia,” ungkap Leidy dengan mata berbinar-binar.

Ditanya soal motivasi, Leidy ingin membuktikan bahwa Papua memiliki sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu bersaing di ajang penganugerahan baik tingkat nasional dan internasional. Meski tak berhasil terpilih menjadi Puteri Indonesia 2017, setidaknya Leidy berhasil mengantongi penghargaan lainnya. Leidy terpilih menjadi Puteri Indonesia Favorit Media Sosial Wilayah Papua.

Sebelum berkuliah, gadis berkulit sawo matang itu memiliki banyak pengalaman sejak menimba ilmu di sekolah menengah atas. Leidy pernah menjadi mayoret SMA Negeri I Manokwari, juara I Lomba Fashion Show Busana Kasual, dan 6 Besar Finalis Duta Mahasiswa FKG UNAIR.

Kini, mahasiswa yang pernah menjadi Finalis Duta FKG UNAIR ini merasa dirinya harus tetap berjuang untuk mewujudkan cita-citanya yang lain. “Saya tidak lantas berbangga diri, namun saya tetap harus berjuang untuk semua impian saya,” tandasnya.

Penulis: Ainul Fitriyah

Editor: Defrina Sukma S

Hits 93